Rabu, 20 Januari 2016

Jenis Plastik Sehat dan Kodenya (bagian akhir)

4. Low density polyethylene (LDPE)
plastik sehat, plastik kemasan, plastik, kode plastik, plastik bagus, plastik kuatLow density polyethylene (LDPE) adalah jenis plastik yang biasa dipakai untuk tempat makanan(Tupperware), plastik kemasan makanan, dan beberapa botol-botol yang dipakai untuk kemasan minuman. Jenis plastik dengan kode 4 dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Jenis plastik dengan kode ini cukup sulit untuk dihancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan jenis plastik ini.
5. Polypropylene (PP)
plastik sehat, plastik kemasan, plastik, kode plastik, plastik bagus, plastik kuatPolypropylene (PP) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan botol minum untuk bayi. Karakteristiknya adalah transparan, tapi tidak jernih atau berawan, dan cukup mengkilap pada permukaannya. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, dan stabil terhadap suhu tinggi. Maka dari itu jika anda ingin menyimpan makanan dalam kemasan plastik gunakanlah plastik dengan kode ini.
6. Polystyrene (PS)
plastik sehat, plastik kemasan, plastik, kode plastik, plastik bagus, plastik kuatPolystyrene (PS) biasa dipakai sebagai bahan tempat makan jenis styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan dengan benda yang terbuat dari bahan polystyrene. Bahan Styrine sangat berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan sistem syaraf. Karena sifatnya yang mengancam kesehatan maka plastik jenis ini harus dihindari, dan di beberapa negara maju seperti Amerika dan beberapa negara di eropa telah melarang penggunaan plastik jenis ini.
7. acrylonitrile butadiene styrene acrylic, polycarbonate, polylactic acid, nylon,fiberglass (OTHER)
plastik sehat, plastik kemasan, plastik, kode plastik, plastik bagus, plastik kuatOther (biasanya menggunakan polycarbonate) bisa didapatkan di tempat minuman seperti botol minum olahraga. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. maka dari itu sebaiknya jangan menggunakan plastik jenis ini.
(sumber : paperbagone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar