Selasa, 19 Januari 2016

Jenis Plastik Sehat dan Kodenya (bagian awal)

Artikel kemarin kita telah membahas apa itu Plastik dan sedikit tentang sejarahnya. kali ini kita akan membahas tentang apa saja to macam-macam plastik itu dan kegunaanya masing-masing plastic tersebut. dalam setiap produk plastic pasti akan dicantumkan dengan sebuah kode yakni berupa angka yang berada di tengah segitiga yang terbentuk dari tiga panah. kode ini yang akan digunakan untuk mengenal jenis plastic dan kegunaannya. Kode biasanya terletak di dasar kemasan. oke mari kita berkenalan dengan macam plastic dan kodenya.
  1. Polyethylene terephthalate (PET)
plastik, plasti sablon, plastik kemasan, plastik butik, plastik aman, plastik sehat, tas kertas, paperbag, tas kertas murah, paperbag murah
PET
Polyethylene Terephthalate atau PET adalah polimer jernih dan kuat dengan sifat-sifat penahan gas dan kelembaban. Kemampuan plastik PET untuk menampung karbon dioksida (karbonasi) membuatnya sangat ideal untuk digunakan sebagai botol-botol minuman ringan (bersoda / terkarbonasi).
Botol jenis ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai karena jika terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air panas, akan mengakibatkan lapisan polymer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker jika dikonsumsi dalam jangka panjang.
  1. High density polyethylene (HDPE)
plastik, plasti sablon, plastik kemasan, plastik butik, plastik aman, plastik sehat, tas kertas, paperbag, tas kertas murah, paperbag murah
HDPE
High Density Polyethylene atau yang biasa disebut plastik HDPE ini merupakan bahan plastik yang bewarna putih susu atau putih bersih. Biasa gunakan untuk kantong tisu, botol detergent , minyak, plastik anti panas. shoppingbag dan kantong plastic yang dapat digunakan sebagai  kantung sayur makanan yang berkuah karena fleksibel dengan kekuatan tinggi.
HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang  sedikit lebih aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan atau minuman yang dikemas dengan plastik jenis ini. Walau begitu, plastik jenis ini juga direkomendasikan hanya untuk sekali pakai, karena pelepasan senyawa antimoni trioksida yang dapat meningkat seiring dengan waktu.
  1. Polyvinyl Chloride (PVC)
plastik, plasti sablon, plastik kemasan, plastik butik, plastik aman, plastik sehat, tas kertas, paperbag, tas kertas murah, paperbag murah
PVC
polyvinyl chloride atau PVC adalah jenis plastik yang cukup sulit di daur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik untuk pembungkus, dan botol-botol. Kandungan dari plastic jenis ini yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan selama kurang lebih 15 Menit. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk hati dan ginjal, maka dari itu, sebaiknya jangan gunakan plastik jenis ini untuk membungkus makanan.
(sumber : paperbagone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar